Jumat, 13 Juni 2014

PEMBAHASAN ANGRY BIRDS FRIENDS

     Dalam era teknologi modern saat ini, banyak sekali game yang beredar di pasaran. Kehadirannya tidak hanya dalam satu atau dua tahun sekali, bahkan setiap detik pun akan terus bermunculan game baru yang dirilis di pasaran. Berbagai genre juga bisa ditemui, mulai dari aksi hingga puzzle. Beberapa di antaranya bahkan mencapai sukses besar karena telah dimainkan oleh banyak orang dan penyebaran game bersangkutan secara viral.
     Penulis pribadi memang pada awalnya jarang memainkan game. Hal ini dikarenakan belum adanya sarana yang memadai untuk memainkan game, seperti PC (Personal Computer) ataupun PS (PlayStation). Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penulis mulai dapat memainkan beberapa game karena adanya PC yang memadai. Dalam prosesnya, terdapat beberapa game yang dimainkan penulis dan kebanyakan merupakan game berbasis Flash, dari yang sederhana seperti Bouncing Balls hingga 2048 yang fenomenal. Di antara semua game tersebut, salah satunya yang paling sering dimainkan penulis adalah Angry Birds Friends.
     Permainan Angry Birds Friends merupakan salah satu game berbasis sosial yang diterbitkan oleh Rovio, developer game asal Finlandia. Game ini merupakan salah satu turunan dari Angry Birds, permainan yang sempat menjadi fenomena pada sekitar tahun 2011. Adapun turunan dari game ini antara lain Angry Birds Space, Angry Birds Rio, Bad Piggies, Angry Birds Star Wars, kartun Angry Birds Toon, hingga yang terbaru, Angry Birds Go!. Game ini dikenal karena adanya karakter yang lucu, animasi yang apik, dan cara memainkannya yang sederhana.

     Oleh karena dasar inilah, penulis memutuskan untuk membahas permainan Angry Birds Friends. Pembahasan yang dilakukan adalah mengenai sejarah, cara memainkan, kelebihan, dan kekurangan pada game ini. Beberapa pembahasan pada blog ini bersifat subjektif karena didasarkan pada pengalaman penulis dalam memainkan game ini. Berikut ini adalah pembahasan selanjutnya.

1. Sejarah
     Sebelum memulai penjelasan mengenai Angry Birds Friends, penulis akan memaparkan terlebih dahulu sejarah dan penjelasan singkat mengenai awal terbentuknya permainan ini. Sesuai dengan namanya, game besutan Rovio Entertainment ini bermula dari diluncurkannya Angry Birds pada sekitaran tahun 2010. Game ini diterbitkan oleh Clickgamer Media dan Chillingo. Selain itu, Angry Birds dirancang oleh seorang Finlandia yang bernama Ari Pulkkinen. Pada awalnya, game ini hanya ada khusus untuk pengguna iPad dan iPhone yang bisa diunduh di App Store.
      Setahun kemudian, game ini menjadi viral karena sering dimainkan oleh banyak orang dan banyak pula yang menyukainya. Angry Birds secara sukses mampu menggaet banyak pengguna baru. Dalam sebuah rilis pers yang diterbitkan oleh Rovio di situs www.rovio.com, diketahui bahwa pengguna Angry Birds telah mencapai 1 miliar orang dan akan terus bertambah seiring diluncurkannya variasi dari game ini. Bahkan, seorang Perdana Menteri (PM) Inggris, James Cameron juga menyukai game ini.
       Pada perkembangan selanjutnya, Angry Birds tidak hanya menggunakan platform Apple saja untuk menggaet pengguna baru, namun juga sudah merambah ke berbagai platform lainnya. Platform-platform tersebut antara lain Facebook, Android, hingga Kindle Fire. Namun, tampilan tetap sama untuk setiap platform.
      Kemudian, terdapat beberapa versi Angry Birds  yang muncul, antara lain Angry Birds Seasons (rilis pertama tanggal 21 Oktober 2010), Angry Birds Rio (Maret 2011), Angry Birds MagicAngry Birds Space (22 Maret 2012), Angry Birds HeikkiAngry Birds Star Wars (November 2012), Angry Birds Star Wars 2 (15 Juli 2013), hingga Angry Birds GO! (Desember 2013). Salah satu versi yang muncul adalah Angry Birds Friends yang trailer-nya dirilis di YouTube pada tanggal 3 Mei 2013.

  
     Pada intinya, permainan Angry Birds Friends merupakan game berbasis sosial dimana seorang pemain bersaing dengan pemain lainnya secara online untuk memperoleh peringkat tertinggi. Game ini berbasis sosial karena diperlukannya koneksi dengan Facebook untuk memainkannya. Klasemen sementara dapat dilihat di sebelah kanan layar permainan sebagai patokan untuk menjadi yang terbaik.
     Game ini melibatkan karakter yang pada umumnya sama seperti karakter pada Angry Birds sebelumnya. Hanya saja, terdapat beberapa bantuan yang dapat digunakan apabila dalam keadaan terdesak. Salah satunya yang paling kuat adalah 'Mighty Eagles'. Dengan menggunakan bantuan ini, walaupun tidak mengenai target, namun semua babi akan dihabisi tanpa ada sisa satupun.
     Karakter-karakter burung pada Angry Birds bersatu padu dalam golongan The Flock, sedangkan karakter-karakter babi bergabung dalam golongan Piggies. Para anggota yang tergabung dalam The Flock antara lain:
- Red, pemimpin The Flock. Memiliki kemampuan standar dan paling pemarah.
- Blue Bird, terdiir dari Jay, Jake, dan Jim. Memiliki kemampuan untuk membelah diri menjadi 3 bagian dan   mampu mendobrak kaca.
- Chuck, burung paling cepat dalam kelompok. Memiliki kemampuan melesat ketika diaktifkan dan mampu   mendobrak kayu.
- Bomb, salah satu karakter yang paling kuat. Memiliki kemampuan meledakkan diri dan mampu    mendobrak beton.
- Matilda, ibu dan pemilik telur yang dijaga oleh The Flock. Memiliki kemampuan menembakkan telur   melewati celah sempit.
- Hal, karakter berbentuk bumerang. Memiliki kemampuan untuk membalikkan arah serangan ketika   diaktifkan.
- Terence, karakter paling besar dan kuat dalam The Flock. Memiliki kemampuan menghantam semua   barang di depannya dengan efek yang cukup besar.
- Mighty Eagle, karakter paling kuat di antara semua anggota The Flock. Memiliki kemampuan menghabisi semua lawan tanpa harus menyentuhnya dan hanya bisa diaktifkan suatu waktu.
     Adapun anggota dari Piggies adalah sebagai berikut:
- Corporal Pig, babi yang menjadi pasukan. Cukup kuat karena memakai helm.
- King Pig, raja dari semua babi. Paling kuat di antara semua babi.
- Minion Pig, babi biasa yang menjadi anggota Piggies. Merupakan babi paling lemah.
- Foreman Pig, dikenal karena adanya kumis. Lebih kuat dari Corporal Pig karena ukurannya.

2. Cara Memainkan
     Selanjutnya, saya akan menjelaskan cara untuk memainkan game ini. Dalam hal ini, saya memainkannya dengan menggunakan platform Facebook, browser Google Chrome, dan laptop dengan sistem operasi Windows 7. Cara memainkan antara pengguna PC maupun tablet atau smartphone pada umumnya sama dengan perbedaan hanya pada metode input yang digunakan. Berikut ini adalah cara memainkannya.
- Buka terlebih dahulu halaman Facebook (http://www.facebook.com). Pada bagian Aplikasi, cari game Angry Birds Friends dan lakukan pemasangan. Setelah aplikasi dibuka, maka akan muncul tampilan proses sebagai berikut.
Gambar 1. Tampilan proses
 - Setelah proses selesai dijalankan, maka akan muncul tampilan awal seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, akan muncul kotak dialog Daily Rewards! yang berisikan jumlah koin yang disebut Bird Coins dan diterima oleh pemain ketika mulai membuka aplikasi. Jika pemain membuka aplikasi dalam beberapa hari secara berturut-turut, maka jumlah koin yang didapatkan akan lebih banyak. Koin ini dapat dimanfaatkan untuk membeli perlengkapan maupun aplikasi lainnya. Klik Continue untuk melanjutkannya.
Gambar 2. Tampilan awal
- Berikut ini adalah tampilan utama yang muncul setelah menekan tombol Continue seperti pada gambar di bawah ini. Terlihat bahwa ada 2 jenis permainan yang dapat dipilih, yaitu Play Tournament dan Play Story Levels. Play Story Levels dapat dimainkan setiap hari, sedangkan Play Tournament hanya dapat dimainkan dalam suatu waktu tertentu secara berkala. Di bawahnya, terdapat tombol Earn Bird Coins! dan Redeem Code! dimana koin-koin dapat digunakan. Pada panel di sebelah kanan, terdapat bagian Tournament Scores yang berisikan klasemen sementara turnamen yang diikuti pemain dibandingkan dengan pemain lainnya. Pada panel ini, dapat juga dipilih avatar dan bantuan yang diinginkan.
Gambar 3. Tampilan utama
- Jika pemain mengeklik tombol Earn Bird Coins!, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, pengguna dapat membeli aplikasi berbayar yang disediakan dengan menggunakan Bird Coins. Pilih aplikasi yang ingin dibeli dan tekan tombol Done jika sudah selesai.
Gambar 4. Tampilan Earn Bird Coins

- Jika pemain menekan tombol Avatar yang terletak pada panel di sebelah kanan, maka akan muncul kotak dialog Bird-O-Matic seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, dapat dipilih tampilan avatar yang akan ditampilkan. Komponen yang dapat diubah antara lain karakter, pakaian, aksesoris, dan latar avatar. Beberapa karakter hanya bisa didapatkan dengan menggunakan Bird Coins.
Gambar 5. Tampilan Bird-O-Matic
- Jika pemain menekan tombol Shop pada panel sebelah kanan, maka akan muncul kotak dialog Angry Birds Shop seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, pemain dapat memilih bantuan apa yang ingin dibeli dengan menggunakan Bird Coins maupun dengan kartu kredit. Setiap item yang dijual memiliki kelebihan masing-masing dan dapat dilihat dengan menekan tombol '?' di kanan bawah kotak dialog.
Gambar 6. Tampilan Angry Birds Shop
- Jika pemain ingin segera memulai permainan tanpa harus menunggu turnamen, maka tekan tombol Play Story Levels. Maka, akan muncul tampilan Story Levels seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, terdapat beberapa level yang bisa dipilih, seperti Surf and Turf, Pig Tales, Pigini Beach, Poached Eggs, Mighty Hoax, dan Golden Eggs. Klik salah satu level permainan yang ingin dimainkan
Gambar 7. Tampilan Story Level
- Pada daftar level yang dimainkan, pilih level yang ingin dimainkan seperti pada gambar di bawah ini. Jika pemain baru memulai permainan, maka pemain hanya bisa memilih level 1 sebagai level awal.
Gambar 8. Tampilan pilih level
- Setelah level dipilih, maka akan muncul tampilan game seperti pada gambar di bawah ini. Di sini, panel yang berada di sebelah kanan akan tetap muncul sebagai pembanding posisi antara satu pemain dengan pemain lainnya. Tepat di sebelah kiri panel pada bagian atas, terdapat avatar pemain dan lawan yang skornya harus dikalahkan. Pada pojok kiri atas aplikasi, terdapat beberapa menu yang bisa dipilih, seperti Pause, Slingshot, Mighty Eagle, dan Power-Up. Pada pojok kiri bawah, terdapat tombol Zoom In dan Zoom Out untuk melakukan fokus pada suatu posisi tertentu.
Gambar 9. Tampilan game
- Untuk memainkannya, caranya dengan menarik ketapel yang telah dihinggapi burung ke belakang dengan menggunakan kursor atau jari pada pengguna smartphone dan tablet. Sambil terus menahan burung, arahkan ketapel pada sudut tertentu yang memungkinkan untuk menembak babi atau properti yang dapat menimpa atau menjatuhkan babi. Pada umumnya, properti yang biasa digunakan dan terdapat pada game berupa kayu, beton, dan kaca.

- Pemain harus menggunakan burung yang disediakan oleh sistem dimana setiap level memiliki jumlah dan jenis burung yang berbeda. Setelah posisi penarikan dirasa sudah benar, maka pemain dapat langsung melepaskannya. Kecuali karakter Red, pemain dapat mengeklik lagi tampilan atau tap pada layar smartphone dan tablet untuk mengaktifkan kekuatannya. Misalnya, untuk Chuck, ketika tampilan diklik, maka kecepatannya akan lebih kencang lagi. Setiap properti dan babi yang hancur akan menghasilkan poin tersendiri seperti pada gambar di bawah ini. Jika jumlah poin telah melebihi lawan, maka pemain secara otomotis langsung menggusur avatar lawan dan diganti dengan lawan lain yang memiliki jumlah poin lebih tinggi.
Gambar 10. Tampilan pertambahan poin

- Tujuan utama permainan ini adalah menghancurkan semua babi dengan jumlah poin sebanyak-banyaknya dan jumlah burung yang dilempar seminimal mungkin. Jika masih ada burung yang tersisa, maka masing-masing burung akan dihitung sebanyak 10.000 poin seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 11. Tampilan burung tersisa
- Setelah permainan selesai, maka akan muncul hasil perhitungan poin yang telah dikumpulkan beserta jumlah bintang yang diperoleh pada level tersebut. Jika poin yang didapatkan banyak dengan jumlah burung yang digunakan seminimal mungkin, maka maksimal 3 bintang bisa diperoleh. Di bawahnya, terdapat menu yang bisa dipilih, apakah pemain ingin kembali ke menu, mengulangi kembali level yang sama, atau lanjut ke level selanjutnya. Selain itu, hasil dapat dibagikan ke pengguna Facebook lain dengan menekan tombol Share atau disematkan ke blog dengan menekan tombol Embed.
Gambar 12. Tampilan level berakhir
Berikut ini adalah video singkat mengenai cara memainkan Angry Birds Friends:


3. Kelebihan dan Kelemahan
     Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan yang ditemukan penulis dalam permainan Angry Birds Friends.

* Kelebihan
(+) Karena bersifat sosial, pemain bisa bersaing secara langsung dengan pemain lainnya yang menjadi teman Facebook.
(+) Terdapat banyak level permainan yang bisa dimainkan.
(+) Pemain dapat membagikan skor yang didapat kepada teman-teman lain di Facebook.
(+) Hasil permainan juga dapat disematkan dalam blog.
(+) Permainan yang sederhana dan dapat dimainkan oleh berbagai usia.
(+) Animasi yang baik dan eye cathcing.

* Kelemahan
(-) Tidak ada perubahan berarti jika dibandingkan dengan Angry Birds edisi sebelumnya.
(-) Komponen-komponen pada panel di sebelah kanan terlihat kurang lega.
(-) Angry Birds Friends tidak dapat dimainkan di sosial media lainnya selain Facebook.
(-) Terdapat beberapa level yang sama persis seperti pada Angry Birds edisi pertama.

     Demikian pembahasan saya mengenai Angry Birds Friends. Mohon maaf apabila terdapat beberapa pernyataan yang bersifat subjektif karena pada dasarnya, apapun jenis game yang diterbitkan dapat dinilai secara bebas oleh siapapun dengan opini yang berbeda-beda pula. Terima kasih atas kunjungannya.

Sumber:
- http://id.wikipedia.org/Angry_Birds
http://www.rovio.com/en/news/blog/162/1-billion-angry-birds-downloads
-http://www.detikinet.com/read/2011/04/01/081633/1606220/654/pm-inggris-pun-tergila-gila-angry-birds?i991101105

1 komentar: