Rabu, 02 Juli 2014

FENOMENA FLAPPY BIRD

            Flappy Bird merupakan salah satu game yang sempat menarik perhatian dunia pada awal tahun 2014. Game ini tersedia di platform iOS dan Android. Selain itu, terdapat pula versi Flash yang bisa dimainkan di PC ataupun laptop. Flappy Bird menjadi fenomenal dikarenakan gameplay-nya yang sederhana, namun membuat pemainnya penasaran dan semakin ketagihan.
            Permainan ini pertama kali dirilis pada 24 Mei 2013 oleh seorang pengembang dari Vietnam, Nguyen Ha Dong atau dikenal dengan nama Dong Nguyen. Flappy Bird diterbitkan oleh .GEARS Studio, pengembang game independen yang hanya beranggotakan Dong Nguyen seorang. Genre yang digunakan pada game ini adalah arcade dengan mode single player.
            Game ini sempat menjadi fenomenal pada sekitar awal Februari 2014 yang ditandai dengan posisinya sebagai game paling sering di-download di iOS App Store dan Android Google Play. Cara memainkannya bisa dikatakan mudah, namun kenyataannya justru sangat sulit. Bahkan, butuh percobaan beberapa kali untuk sekadar melewati 1 tiang saja. Ketika detikInet sempat menjajal permainan ini, skor tertinggi yang didapat sebesar 52. Itu pun dengan catatan bahwa jempol pemain jadi kesemutan karena kelelahan memainkannya.

Cara Memainkan
            Flappy Bird sebenarnya memiliki gameplay yang cukup mudah. Game ini bisa dimainkan baik melalui smartphone maupun melalui PC atau laptop. Untuk memainkannya di smartphone, pemain cukup men-download-nya di App Store (iOS) atau Play Store (Android). Namun, untuk saat ini, Flappy Bird tidak bisa ditemukan karena sudah ditarik oleh pengembangnya. Walaupun demikian, pemain tidak perlu terlalu khawatir karena adanya versi Flash dari game ini sehingga tetap bisa dimainkan di PC ataupun laptop.
            Karakter utama dari game dengan grafis 8-bit ini adalah seekor burung. Untuk memainkannya, cukup dengan mengetukkan jari pada layar smartphone untuk membuat si burung terbang. Khusus versi Flash, pengendalian burung dilakukan dengan menekan tombol spasi pada keyboard. Burung tersebut diharuskan untuk melewati pipa-pipa berwarna hijau yang berada di sisi atas dan bawah layar. Tidak ada tantangan tambahan ataupun cerita lain yang digunakan dalam game ini.
            Pemain akan mendapatkan skor 1 (satu) jika berhasil melewati satu pipa. Semakin banyak pipa yang berhasil dilewati, semakin banyak pula poin yang bisa diraih. Di sinilah tantangan yang harus dilalui oleh setiap pemain dalam memainkan Flappy Bird. Membuat burung bisa melewati satu pipa merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Jika pemain mengetuk layar atau menekan spasi pada saat yang tidak tepat, maka si burung akan terbang atau jatuh dan menabrak pipa. Burung menjadi mudah jatuh karena gaya gravitasi yang diterimanya. Mau tidak mau, pemain harus mengulangi permainan dari awal lagi.
            Rasa penasaran akan semakin menjadi ketika melihat skor akhir yang ditampilkan setelah permainan selesai/”Game Over”. Setelah mengalami kegagalan beberapa kali ketika bermain dan ternyata skor terbaik yang didapatkan hanya 5 (lima), pemain menjadi tidak tinggal diam dan terdapat dorongan kuat untuk mencoba lagi. Hal inilah yang menyebabkan pemain tidak akan menolak untuk menekan kembali tombol “OK” atau “Start”.
            Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan skor yang tinggi dalam permainan Flappy Bird, yaitu:
1)      Pelan lebih baik
Pemain tidak perlu terlalu terburu-buru dalam memainkan Flappy Bird. Banyak melakukan tap (sentuh) layar atau menekan spasi untuk membuat burung berkepak bukan berarti lebih baik. Game ini sesungguhnya membutuhkan ritme kepakan yang tepat, jadi cukup pelan-pelan saja. Terutama ketika pemain harus berhadapan dengan pipa-pipa di depan burung.
2)      Main di Tablet PC
Memainkan Flappy Bird di smartphone memang menyenangkan dan mudah. Namun, ternyata banyak pengguna yang merasa lebih mudah untuk memainkannya di Tablet PC, seperti iPad, Samsung Galaxy, atau Google Nexus. Hal ini dikarenakan layar yang dimiliki lebih besar, jadi pemain lebih leluasa untuk membaca situasi yang dialami burung.
3)      Tetap tenang
Jika pemain merasa frustrasi atau stres dengan skor Flappy Bird yang tidak kunjung bagus, akan lebih baik untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Apabila sudah merasa tidak panik, maka pemain menjadi mudah untuk mengendalikan burung untuk melewati celah pipa dan mendapat poin yang banyak.
4)      Hindari gangguan
Selain berusaha tenang, untuk memainkan game ini juga membutuhkan fokus yang tinggi. Hindari gangguan-gangguan dari hal lain, seperti dering smartphone atau SMS yang datang ketika game dimainkan. Jika diperlukan, ubah mode smartphone menjadi airplane mode.
5)      Ubah pola kepakan
Bermain Flappy Bird akan mulus apabila pemain bisa mengatur kepakan burung secara tepat. Yang perlu diingat adalah jangan terjebak pada pola kepakan yang sama karena tantangan celah yang akan muncul tidak bisa diketahui oleh pemain. Jadi, perlu digunakan kreativitas untuk mengubah pola kepakan dengan cara yang pas.

Penyebab Ditariknya Flappy Bird
            Walaupun sempat menjadi booming pada awal 2014, namun pada akhirnya Flappy Bird ditarik peredarannya dari App Store maupun Google Play pada 10 Februari 2014. Jika pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci “Flappy Bird” pada masing-masing platform, maka yang ditemukan hanyalah game-game tiruannya.
            Pada awalnya, Dong Nguyen, pengembang game ini, sempat bungkam ketika ditanyakan mengenai persoalan ini. Bahkan, akun Twitter-nya, @dongatory, tidak memberikan pernyataan apapun setelah keputusan penarikan dibuat. Oleh karena itu, sempat beredar kabar bahwa penarikan dilakukan karena adanya keberatan dari pemilik game Super Mario Bros, Nintendo. Terdapat isu bahwa adanya kemiripan pada komponen pipa antara Flappy Bird dengan Super Mario Bros. Kabar ini akhirnya dibantah oleh pemilik Nintendo.
            Setelah lama tidak memberikan pernyataan di depan publik, akhirnya Dong Nguyen bersedia untuk diwawancarai oleh Forbes untuk melakukan klarifikasi mengenai alasan penarikan Flappy Bird. Nguyen beralasan bahwa sebenarnya game ini dibuat untuk kegiatan bersantai para pemainnya. Dia tidak bermaksud untuk membuat game Flappy Bird menjadi sangat adiktif. Ketika tujuan pembuatannya sudah mulai melenceng, Nguyen memutuskan untuk menarik game ini.
            “The game was originally designed to be played when you are relaxed. But it happened to become an addictive product. I think it has become a problem. To solve that problem, it’s best to take down Flappy Bird. It’s gone forever. (Permainan ini didesain untuk dimainkan pada saat Anda sedang berelaksasi. Namun, game ini akhirnya menjadi produk adiktif. Saya rasa hal tersebut telah menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah itu, hal terbaik adalah menarik Flappy Bird. Game ini telah hilang selamanya.),” kata Nguyen dalam wawancara.
            Pemuda dari Vietnam ini juga mengungkapkan rasa bersalahnya karena membuat pemainnya menjadi ketagihan game tersebut yang membuatnya semakin mantap dalam membuat keputusan. Sebelumnya, Nguyen sempat menyatakan bahwa popularitas yang didapatkan oleh game ini telah merusak “hidupnya yang sederhana”.
            “My life has not been as comfortable as I was before. I couldn’t sleep. I don’t think it’s a mistake. I have thought it through. (Hidupku sudah tidak senyaman sebelumnya. Saya tidak dapat tidur. Saya tidak merasa ini sebagai suatu kesalahan. Saya telah memikirkannya matang-matang),” ungkapnya lagi.
            Masih dalam wawancara yang sama, Nguyen menceritakan bahwa tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat game tersebut. Hanya diperlukan dua atau tiga hari untuk mengerjakan bagian coding. Ketika disinggung soal miripnya tampilan dengan Super Mario Bros, Nguyen menyatakan bahwa kemiripan hanya kebetulan saja. Dia juga membantah adanya tuntutan karena kemiripan itu. Nguyen juga mengaku tidak kapok untuk membuat game lagi di masa yang akan dating.
            “After the success of Flappy Bird, I feel more confident, and I have freedom to do what I want to do. (Setelah Flappy Bird sukses, saya merasa lebih percaya diri dan lebih bebas untuk melakukan apa yang saya ingini.),” katanya mengakhiri wawancara.

Dong Nguyen
Gambar 1. Dong Nguyen
            Nguyen Ha Dong, atau yang lebih dikenal dengan nama Dong Nguyen, merupakan otak di balik terciptanya game Flappy Bird, salah satu hit maker yang pernah merajai App Store dan Google Play pada awal 2014. Pria ini kini berusia 29 tahun dan berasal dari Hanoi, Vietnam. Dia meluncurkan Flappy Bird di bawah bendera .Gears Studio (dotGears Studio) dimana hanya dialaah satu-satunya orang di studio tersebut.
            Dalam suatu wawancara dengan TechCrunch, Nguyen menyatakan bahwa ia telah membuat beberapa game sejak empat tahun yang lalu. Sebagian besar dari game tersebut bernuansa 8-bit, kebanyakan berupa game arcade yang dapat dimainkan dalam waktu singkat.
            Dia merupakan tipikal pengembang aplikasi yang menghindari publikasi dari media massa. Pria ini juga sempat menolak beberapa wawancara dengan media. Ketika TechCrunch sempat menyinggung tentang latar belakangnya, Nguyen menjawab, “Aku tidak nyaman dengan hal itu.” Di situs web resminya, dia juga tidak memberi banyak informasi selain beberapa game HTML5 dan sedikit gambaran tentang .GEARS.
            Walaupun demikian, Nguyen juga memiliki akun Twitter dengan nama @dongatory. Selain itu, dia sering mengunjungi forum online HTML5gamedevs.com dan membahas beberapa cara membangun game. TechCrunch menyebut bahwa Dong Nguyen merupakan sosok pribadi yang “semi-anonim”.
            Nguyen menjelaskan bahwa game Flappy Bird dibuat dengan framework untuk iOS dan AndEngine untuk Android. Selain itu, ia juga membuat game lain seperti Super Ball Juggling dan Shuriken Block dengan nuansa yang mirip seperti Flappy Bird. Untuk mendapatkan uang, Flappy Bird memasang iklan baik di perangkat iOS maupun Android. Iklan berada di atas layar ketika gamer memainkan Flappy Bird.
            Karena kemunculan iklan inilah, Dong Nguyen mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Dalam suatu wawancara dengan The Verge, dia mengaku memperoleh penghasilan hingga USD 50 ribu setiap harinya atau sekitar Rp 600 juta. Game ini hanya kalah dari Candy Crush Saga yang mengumpulkan USD 850 ribu per harinya. Namun, Nguyen mengaku tidak akan kemaruk dengan penghasilan ini. Ia tidak akan menambahkan lagi iklan di Flappy Bird.
            Beliau juga merencanakan adanya sekuel dari game tersebut meski belum diketahui kapan peluncurannya. Namun, kabar terbaru menyatakan bahwa game ini akan dihidupkan kembali dengan fitur baru. Dalam wawancaranya dengan CNBC, Nguyen bahkan menyatakan bahwa peluncuran akan dilakukan sekitar bulan Agustus 2014.
            Nantinya, Flappy Bird akan dikurangi unsur candunya walaupun Nguyen tidak menjelaskan cara melakukannya. Adapun fitur anyar yang akan diberikan pada Flappy Bird baru adalah adanya dukungan multiplayer. Nguyen masih bungkam mengenai cara fitur ini berjalan, namun ada kemungkinan bahwa game ini hanya bisa dimainkan di smartphone dengan jaringan WiFi.

            Demikian penjelasan mengenai Flappy Bird yang sempat fenomenal pada awal 2014. Semoga banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari kesuksesan dan penarikan dari game ini. Selain itu, ditunggu juga perkembangan Flappy Bird yang baru dengan harapan kualitas permainannya menjadi semakin meningkat.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/Flappy_Bird
http://xykids.kidnesia.com/XYKids/Whats-On/Tips-Trik/Begini-Tips-Dapat-Skor-Tinggi-di-Flappy-Bird
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/04/1512227/Mengapa.Game.Flappy.Bird.Mendadak.Populer
http://inet.detik.com/read/2014/02/05/104459/2487648/732/1/jangan-frustasi-ini-tips-main-flappy-bird
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/11/1620539/alasan.penarikan.flappy.bird.akhirnya.terkuak
http://www.makemac.com/ini-alasan-resmi-mengapa-flappy-bird-ditarik-dari-peredaran/
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/04/2014494/Kisah.di.Balik.Game.Flappy.Bird.yang.Bikin.Nyandu.
http://inet.detik.com/read/2014/02/06/090433/2488727/654/pembuat-flappy-bird-untung-rp-600-juta-sehari
http://tekno.kompas.com/read/2014/02/06/1133198/Wow.Pembuat.Flappy.Bird.Raup.Rp.600.Juta.Sehari

http://inet.detik.com/read/2014/05/15/140453/2583263/654/flappy-bird-siap-bangkit-usung-fitur-baru

1 komentar: