Selasa, 30 Desember 2014

SDM DAN ORGANISASI

KELOMPOK PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“SDM DAN ORGANISASI”
KELAS 4IA18:


-    AHMAD IZZUDDIN PRASTOMO
-    ARIANI KARTIKA
-    ERIN SEPTIANE PUTRI
-    I GUSTI NGURAH PUTU RYANDHIKA
-    INTAN OKA HERDANIS
-    JIMMY HALIM
-    NURUL ANISSA
-    TIARA INDAH

SISTEM PENGGAJIAN BADAN USAHA (PD. “AH-HALLY” GALERI MUSLIM)

1.    PROSEDUR SISTEM BERJALAN
A.    Prosedur Penyerahan Absen
Karyawan yang masuk dan pulang kerja setiap hari absen menggunakan kartu absen. Kartu absen tersebut dikumpulkan setiap akhir bulan oleh karyawan ke bagian Keuangan untuk direkap. Selanjutnya, setelah rekapitulasi, kartu absen dan rekapitulasi absen karyawan tersebut diarsipkan.
B.    Prosedur Penghitungan Gaji
Penghitungan gaji karyawan dilakukan oleh bagian Keuangan dengan terlebih dahulu melihat arsip data karyawan, dilanjutkan dengan melihat arsip rekapitulasi absen dan arsip bonus. Kemudian, gaji total dibuat rekapitulasinya oleh bagian Keuangan dan selanjutnya meminta persetujuan ke Direktur. Dari persetujuan Direktur, rekapitulasi dikembalikan ke bagian Keuangan untuk diarsipkan, begitu dengan data gaji karyawan.


C.    Prosedur Pembayaran Gaji
Berdasarkan arsip gaji karyawan, bagian Keuangan membayar gaji kepada karyawan dengan memberikan slip gaji karyawan. Slip gaji tersebut berisi rincian detail gaji yang diterima karyawan yang bersangkutan dan bagian Keuangan juga memberikan tanda terima gaji karyawan untuk ditandatangani sebagai bukti pembayaran dan setelah ditandatangani, tanda terima tersebut diarsipkan.
D.    Prosedur Laporan Gaji
Selanjutnya, setelah semua prosedur selesai, maka bagian Keuangan membuat laporan gaji dengan melihat ke arsip gaji dan arsip tanda terima yang sudah ditandatangani oleh karyawan dan ditujukan kepada Direktur, sedangkan copy-nya diarsipkan.

2.    DIAGRAM ALIR DATA (DAD) SISTEM BERJALAN
A.    Diagram Konteks
Diagram konteks ini menggambarkan input dan output sistem informasi penggajian dengan satu kesatuan seperti pada gambar di bawah ini:

Gambar 1. Diagram Konteks Sistem Berjalan

B.    Diagram Nol Sistem Berjalan
Dari konteks diagram di atas, maka disusun Diagram Nol sistem berjalan. Diagram Nol terlihat proses-proses yang terdapat pada sistem berjalan:
Gambar 2. Diagram Nol Sistem Berjalan

C.    Diagram Detail Proses Pembayaran Gaji
Proses pembayaran gaji digambarkan secara detail pada Diagram Detail Proses Pembayaran Gaji. Proses ini meliputi beberapa proses yang lebih rinci, yaitu proses pembuatan slip gaji dan proses penyerahan slip gaji.

Gambar 3. Diagram Detail Proses Pembayaran Gaji

SUMBER:
https://www.academia.edu/5471175/Analisa_Sistem_Penggajian_BAB_III

1 komentar: